AMD Maintenance

icom_-_komputer_-_1Fungsi dan peranan komputer bagi kehidupan manusia sudah sangat penting, bahkan bisa dikatakan  sebagian besar kegiatan manusia  ditunjang oleh adanya komputer. Mulai dari kegiatan pendidikan, kegiatan bisnis dan komersial, pemerintahan,  dan kegiatan pribadi lainnya.

Melihat 30 tahun kebelakang, fungsi dari sebuah komputer hanya sebatas untuk pemrosesan sederhana (penghitungan, perkalian, pembagian, dan ekseskusi sederhana lainnya). Namun saat ini fungsi komputer sudah semakin kompleks, mulai dari kepentingan pendidikan, keperluan kantor, hingga untuk mengontrol sesuatu. Perkembangan fungsi dari sebuah komputer pastinya karena didukung oleh perkembangan dari komputer itu sendiri dan juga perangkat-perangkat lain.

Fungsi komputer pada dunia pendidikan saat ini sangatlah penting, karena komputer dapat digunakan multi fungsi seperti keperluan belajar mengajar untuk penyampaian materi dikelas, dan pemrosesan data yang lebih cepat dan akurat.

Komputer, adalah barang yang sangat sensitif dalam penggunaannya, karenanya untuk menjaga keberadaan, kegunaan, fungsi, serta manfaatnya, memerlukan perawatan dan pemeliharaan. Perawatan dan pemeliharaan komputer dilakukan pada hardware maupun softwarenya. Di mana pemeliharaan pada hardware komputer ditujukan agar hardware terhindar dari korosi atau karatan. Salah satu penyebab terjadinya pengkaratan pada hardware adalah debu, karenanya debu harus dihilangkan. Penghilangan debu bisa dilakukan dengan menggunakan kompresor (penyemprot debu) ataupun dibersihkan dengan menggunakan kuas lembut secara teratur.
Pemeliharaan software pada komputer dilakukan dengan dua cara yaitu instalasi ulang dan perawatan software. Instalasi ulang adalah cara yang paling baik dilakukan dalam perawatan komputer, tetapi instalasi ulang memerlukan waktu yang banyak dan proses yang lama, sehingga alternatifnya dengan menggunakan teknik perawatan software seperti update antivirus, defragmenter, backup data, serta undelete & restore.

Salah satu unsur yang menyebabkan ICT digunakan secara maksimal adalah dengan adanya fasilitas komputer yang memadai. Memang bila kita melihat sekolah-sekolah elit di kota besar, kita akan menemukan sekolah yang mempunyai sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap, misalnya komputer. Tetapi untuk sekolah-sekolah di daerah pinggiran kota atau kepulauan, kita akan sulit menemukan sarana dan prasarana yang lengkap terutama komputer (tentunya yang layak dan memadai untuk sebuah proses pembelajaran).

Selama ini pemerintah memang memberikan komputer kepada sebagian sekolah, tetapi untuk sekolah yang tidak kebagian harus berusaha sendiri untuk membeli komputer. Bagi sekolah elite, mungkin sangat mudah, tetapi bagi sekolah yang untuk merenovasi sekolahnya saja masih pontang-panting mencari dana apalagi untuk membeli komputer itu akan sangat memberatkan. Termasuk sekolah-sekolah swasta di daerah dan pinggiran termasuk di kepulauan yang masih tertatih-tatih untuk menghidupi dirinya. Sedangkan komputer merupakan sarana utama agar pemanfaatan ICT berjalan maksimal. Dan itu adalah masalah umum yang harus kita pecahkan bersama.

Namun apabila terjadi kerusakan pada sebuah sistem pada sebuah komputer, dampak yang terjadi adalah hambatan yang mengganggu sistem kerja seorang user atau sebuah instansi. Untuk menghindari adanya resiko seperti yang telah dijelaskan diatas maka sangat dibutuhkan adanya perawatan yang intensif bagi kebutuhan data dan operasional yang sangat urgent atau penting sekali bagi seorang user ataupun instansi yang sangat menggantungkan operasional kerjanya kepada perangkat yang disebut sebagai komputer.

Dengan dasar pemikiran inilah kami mencoba menawarkan kerjasama perawatan dan perbaikan Komputer kepada Sekolah-sekolah, guna turut serta dalam memperlancar pekerjaan guru-guru dan karyawan.